Fungsi lemak tubuh

Salah satu cara paling potensial untuk mikroba masuk adalah melalui makanan. Lemak di dalam makanan yang memegang peranan penting ialah yang disebut lemak netral, atau triglycerida, yang molekulnya terdiri atas satu molekul glycerol glycerin dan tiga molekul asam lemak, yang diikatkan pada glycerol tersebut dengan ikatan ester.

Protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh. Lemak cair minyak — minyakan banyak terdapat lemak nabati,misalnya minyak jagung,minyag kedelai,minyak kelapa,dll. Glukosa merupakan jenis monoksarida yang sangat penting digunakan untuk menghasilkan energi.

Berapa Batas Kadar Lemak Tubuh yang Masih Normal?

DHA tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak pada masa perkembangan namun juga pada lansia untuk mencegah kerusakan otak seperti demensia. Enzim lipase memiliki fungsi dalam merombak lemak menjadi dua molekul asam lemak dan gliserol.

Lemak jenuh biasanya terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan. Jika Anda sama sekali tidak mau mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh maka dapat dipastikan kesehatan tulang Anda akan terganggu. Solusi kekebalan tubuh lainnya diperoleh dari: Di sinilah peran sistem imun tubuh berperan.

Sebagai permulaan ada baiknya kita mengenal jenis lemak dalam tubuh terlebih dahulu Jenis lemak Lemak jenuh. Beberapa jenis zat mungkin dapat dengan mudah larut dalam air, namun tidak begitu dengan lemak. Lemak jenis ini yang menjaga tubuh dari dinginnya udara luar.

Sebutkan 6 Fungsi makanan bagi tubuh kita

Selanjutnya perlu kita ketahui bahwa ada dua macam lemak yakni lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Adapun fungsi lemak yang lain yaitu sebagai berikut: Protein tersusun dari senyawa sederhana yang disebut asam amino. Lemak yang padat pada suhu kamar di sebut lemak atau gaji, sedangkan yang cair pada suhu kamar di sebut minyak.

Kelebihan karbohidrat yaituapat diubah menjadi glikogen oleh hormon insulin dan di simpan di dalam hati. Apa saja? Jadi selain karbohidrat, lemakpun dibutuhkan untuk menyeimbangkan proses penambahan energi. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi.

Steroid, merupakan senyawa lipoid yang banyak terdapat dalam zat aktivator seperti vitamin dan hormon. Beberapa golongan oligoskarida seperti dekstrin terdapat dalam pati, roti, sirupdan bir.

Berisiko mengalami kekurangan berbagai vitamin Lemak berperan penting dalam metabolisme serta penyerapan vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, K.Pada dasarnya, omega 3, 6 dan 9 adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan mengendalikan peradangan.

Ketiga jenis nutrisi ini dapat Anda peroleh dari bahan makanan nabati dan daging ikan laut. Fungsi lemak adalah sebagai sumber energi, sumber asam lemak esensial (asam linoleat dan linolenat), alat angkut vitamin larut lemak, penghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai pelumas, untuk memelihara suhu tubuh dan pelindung organ tubuh.

festival-decazeville.com merupakan website kesehatan online yang memberikan informasi kesehatan, tips kesehatan dan konsultasi online segala macam jenis penyakit, kanker, kesehatan, kehamilan, seksulitas dan kesehatan keluarga.

Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air

· Kebutuhan tubuh akan enersi merupakan prioritas pertama; bila karbohidrat yang di konsumsi tidak mencukupi untuk kebutuhan enersi tubuh dan jika tidak cukup terdapat lemak di dalam makanan atau cadangan lemak yang disimpan di dalam tubuh, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil enersi.

Dengan demikian protein akan meninggalkan fungsi utamanya. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian bagian tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebalan tubuh.

Sama halnya seperti lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabati di antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.

Apabila dalam makanan kita terdapat kelebihan hidrat arang dan lemak dari yang diperlukan oleh tubuh, maka lemak dan hidrat arang tersebut tidak akan langsung dibakar.

Tetapi kelebihan ini akan diubah oleh tubuh menjadi lemak dan disimpan sebagai cadangan tenaga yang akan diambil jika tubuh membutuhkan sewaktu-waktu.

Fungsi lemak tubuh
Rated 5/5 based on 52 review